Laman Terhubung

Rabu, 05 Desember 2012

Contoh Cerita DramaQu - Pujaanku, Kara! (Karya : Annisa Pratiwi)


Adegan I

Di pagi hari Kara dan Kesya sedang duduk di luar kelas, mereka sedang membicarakan tentang camping yang sedang di rencanakan oleh Kakak Pembina kemarin sore.

Kesya            : Eh, ra,,, kira-kira camping nanti kita pergi kemana ya ?
Kara             : (membaca buku) Gue juga gak tau sya,, gue jadi penasaran nih !
Kesya            : Iya, gue juga penasaran,, moga-moga aja kita pergi ke Hutan
yang ada di Jawa itu, soalnya gue pengen banget pergi kesana. Apalagi perginya dengan lo ra.
Kara             : (menutup buku) Emangnya, di sana mengasyikkan ?
Kesya           : Gue dengar-dangar sih iya, selain itu tempatnya indah banget ra, makanya gue pengen banget pergi ke sana.
Kara             : Kalau begitu,, gue juga pengen donk !
Kesya            : Ha,, Ha,,, Ha,,,, Lo ikut-ikut aja.
Kara             : Gak apa deh, Gue kan pengen juga.

Kevin menghampiri mereka berdua.

Kevin            : (menghampiri) Hai,, Kara, lihat Candra gak ?
Kara             : Gak tuh !
Kesya           : Tumben kalian gak berdua, biasanya berdua aja kayak orang pacaran. Ha.. Ha.. Ha..
Kevin            : Sok tau lo sya. Eh, ya udah ra, makasih ya !
Kesya            : Ya,,, sama-sama.
Kevin           : (berbicara sendiri) Dasar Kesya,,, gue yang bicara sama Kara, dia pula yang jawab.

Ela dan Nayla menghampiri Kevin.

Ela               : Vin,,, lo abis dari mana ?
Kevin           : Ohh,,, gue abis dari tempat Kara,, emangnya kenapa la ?
Ela               : Gak apa- apa,, emangnya lo abis omongin apaan ?
Kevin           : Tadi gue tanya sama Kara,, lihat Candra gak ? Tapi Karanya gak lihat.
Ela               : Ooo……
Nayla           : Lo pun ngapain nanyain Candra sama Kara,,, bukan tanya dengan kita-kita aja ?
Kevin           : Abis,,, gue gak lihat kalian… ya,, pas gue lewat ada Kara,,, gue tanyain aja langsung. Emangnya kenapa sih lo kayak cemburu gitu.
Nayla           : Gue gak cemburu kok. Yaudah yuk la, kita cabut.
Ela               : Yuk…

Adegan II

Candra baru tiba di sekolah, dan mengejutkan Kevin.

Candra         : Hei, vin.
Kevin           : Eh, lo ra, lo buat gue kaget aja,, gue pikir lo gak datang. Tumben lo lama datang ke sekolah ?
Candra         : Sorry… Sorry… gue minta maaf,, tadi ban mobil gue bocor, makanya gue lama tiba di sekolah.
Kevin            : Ya, gue maafin lo, yuk temeni gue keluar.
Candra         : Ke mana ?
Kevin            : Udah,,, lo ikut aja.
Candra         : sebentar,, gue letakkan tas gue dulu.
Kevin           : ya udah ,, cepat sana !

Sambil berjalan.

Candra         : Ngapain kita ke sini ?
Kevin            : Lo lihat tu Kara,, dia makin cantik aja kan ?
Candra         : Ya vin,, gue samberin dia ya ?
Kevin           : Eh.. Eh.. jangan nanti aja tunggu bel istirahat, pasti dia duduk di kantin dengan Kesya !
Candra         : Ya udahlah.

Bel masuk pun berbunyi. Pada jam pertama kelas X-A masuk pelajaran
matematika yang diajarkan oleh Pak Tedi. Selama pelajaran berlangsung, akhirnya bel istirahat pun berbunyi. Semua siswa dan siswi berhamburan keluar dari kelas mereka.

Kara             : Sya, ke kantin yuk !
Kesya           : Ya udah yuk, gue juga lapar nih.

Adegan III

Di kantin.

Kara             : Sya,, lo pesanin punya gue ya ? Gue jus aja deh.
Kesya           : Loh,, ini aja ra ? Lo gak makan ?
Kara             : Ya, Gue ini aja. Gue gak lapar.
Kesya           : Ya udah… lo jus apa ?
Kara             : Gue… jus jeruk aja.
Kesya           : Ya udah, Gue pesanin ini dulu ya.
Kara             : Ya….

Kesya           : Bu,, jus Jeruk 2, Bakso 1.
Bu Ana         : Ini aja ?
Kesya           : Ya bu.
Bu Ana         : Ya udah,, nanti ibu antarin.
Kesya           : Trima Kasih ya bu.
Bu Ana         : Ya.

Kevin dan Candra datang ke kantin dan duduk di sebelah meja Kara dan
Candra.

Kevin           : Lo pesan apa ra ? Biar gue pesanin.
Candra         : Gue Apel deh, sama nasi goreng.
Kevin           : Ya udah.. Gue ke sana dulu ya ?
Candra         : Ok !

Kevin           : Bu… Bu…  Apel 2 nasi goreng 1, bakso 1.
Bu Ana         : Ya nanti bu antarin.
Kevin           : Oh,,, Ya udah bu.

Candra menghampiri Kara.

Candra         : Hai, Kara…
Kara             : Hai juga,,
Kesya           : (terbatuk-batuk)
Kara             : Lo kenapa sya ?
Kesya           : Gak apa, Cuma sedikit keselek aja. Kayaknya gue mesti ke kamar mandi.
Kara             : Ya udah gue temani ya ?
Kesya           : Gak apa, gak perlu kok, lo bicara aja sama Candra.
Kara             : Tapi….
Kesya           : Udah gak apa, Gue gak lama kok. Ya udah gue ke kamar mandi dulu ya ?
Kara             : Ya, sya... Jangan lama-lama.
Kesya           : Ya, Gue cuma sebentar.

Candra         : Kamu pesan apa ra ? mau gue pesanin ?
Kara             : Gak,, Gak perlu, Gue udah pesan kok, lo pesan punya lo sendiri aja.
Candra         : Oh,, gitu… Gue juga udah pesan sama Kevin.

Kevin           : Kara,, Kesya mana ?
Kara             : Gak tau tuh,, Katanya dia ke kamar mandi.
Kevin           : Kenapa dia ?
Candra         : Tadi dia terbatuk-batuk pas gue datang.
Kevin           : Oh gitu. (berpikir dalam hati) ‘Ah, mendingan gue tinggalin mereka berdua, ini hal yang bagus agar mereka saling dekat’, Eh ra.. Gue lupa ambil uang gue di kelas, Gue ke kelas dulu ya ? bye..

Kara             : Aduh.. Kesya lama banget ni,, nanti ada apa-apa lagi, Eh, Candra gue ke tempat Kesya dulu ya ?
Candra         : Oh,, Ya, Ya,, Silahkan ! (dalam hati) semuanya aja pergi.
Kara             : Gak apa kan ?
Candra         : Gak apa kok.
Kara             : Ya udah, Gue kesana dulu ya.
Candra         : Ya.

Bu Ana         : Candra lihat Kesya dengan Kevin ?
Candra         : Ya bu, Kesya lagi ke kamar mandi dengan Kara, Kevin lagi ke kelas mengambil uangnya bu.
Bu Ana         :Oh,, Ini pesanannya sudah siap !
Candra         : Ya sudah bu antar aja ke mari.
Bu Ana         : Ya sebentar.

Bu Ana         : Ini pesanannya. Semuanya Rp 53.000.00 ,-
Candra         : Oh,, Ini bu Uangnya.
Bu Ana         : ini kembaliannya Rp 7000.00 ,-
Candra         : Ya, Trima Kasih bu.
Bu Ana         : Ya, sama-sama.

Adegan IV

Kara menghampiri Kesya di kamar mandi.

Kara             : Kesya,, Lo kok lama banget sih ?
Kesya           : Sorry ra,, Gue tadi Cuma becanda aja,, biar lo bisa bicara sepuasnya dengan Candra.
Kara             : (kesal) Iiihh,, Lo ni,, gue udah bilang sama lo, gue gak mau dekat-dekat dengan Candra.
Kesya           : Kenapa sih ? sepertinya lo benci banget dengan Candra itu… padahal dia itu ganteng, manis, pintar lagi. Aneh banget gue lihat lo.
Kara             : Lo mau tau kenapa gue gak mau dekat-dekat dengan Candra, karena banyak cewek yang suka dengannya.
Kesya           : Maksud lo ? Lo kok kayak gini sih ?
Kara             : Sorry sya, gue udah kasar,,, dengar ya sya gue gak mau aja kok gue PDKT atau pacaran sama Candra nanti cewek yang suka sama Candra itu cemburuin gue dengan cara yang mereka mau, mereka mudah aja mengelabui hatinya Candra, nanti ujungnya juga, gue sakit hati dengan Candra, rasanya sakit banget sya.
Kesya           : Iya ra,, gue tau perasaan lo. Sekarang gue ngerti yang lo maksud.
Kara             :  bagus donk lo udah ngerti !

Ternyata saat Kara dan Kesya bertengkar, Ela dan Nayla mendengar
tentang permasalahan mereka. Dan mereka menghampiri Kara dan Kesya.

Nayla           : Oooo… Jadi lo bermaksud mau ngerebut hatinya Candra ? Sorry.. Candra udah jadi milik gue.
Kesya           : Eh.. lo jangan keGe-eRan banget deh,, emangnya lo udah pacaran sama Candra ? belum kan, jadi lo gak berhak larang-larang Kara dekat-dekat dengan Candra.
Nayla           : Gue memang belum pacaran dengan Candra, tapi lo lihat aja, dalam beberepa hari ini, Candra pasti akan menjadi milik gue.
Ela               : Ya… Dan lo berdua akan lihat itu.
Kesya           : Tenang aja… gue pasti akan lihat kok… Gue akan melihat lo sakit hati karena melihat Kara dan Candra berduaan.
Kara             : Udah la sya… Eh, Nayla.. jadi lo datang kesini cuma mau bilang itu  aja ?
Nayla           : Ya… Gue mendengar semua tentang pertengkaran kalian tadi.
Kara             : Lo ya.. Udah yuk sya.. gak penting kita urusin orang seperti mereka. Yuk kita pergi.

Ela               : Nay… gue senang… lo bisa membuat Kara kesal.
Nayla           : Gue gituloh… Tapi itu gak seberapa lihat aja,, apa yang akan gue lakukan buat lo ra.
Ela               : Ya… Gue akan membantu lo Nay.

Adegan V

Kara dan Kesya kembali ke kantin, waktu mereka mau bayar pesanannya
ternyata pesanan mereka sudah di bayar dengan Candra. Mereka terkejut
mereka langsung mendatangi Candra.

Kesya           : Candra thank’s ya,, udah lo bayarin.
Candra         : Ya...
Kara             : Perlu di ganti ya ? lo CAPER banget ya sama semua orang.
Candra         : Maksud lo ? gue ikhlas kok ra.
Kara             : Lupain aja, gak perlu gue jelasinnya sama lo. Cabut yuk sya !
Kesya           : Tapi… ini belum di makan ra.
Kara             : Ini bukan milik kita lagi, ini sekarang udah milik dia, karena dia yang bayar sermuanya, udah yuk ! (menarik tangan Kesya)
Kesya           : (terpaksa jalan)

Kesya           : Lepasin tangan gue,,, lo bejat banget jadi orang ya ? tega banget lo sama Candra, dia gak bermaksud apa-apa, malah lo fitnah dia.
Kara             : Gue gak mau dia CAPER sama gue.
Kesya           : Mungkin maksud dia bukan CAPER sama lo, mungkin dia lakuin ini karena dia ingin berbaik hati dengan kita.
Kara             : Lo udah salah menilai Candra.
Kesya           : (marah) Bukan gue yang salah menilai Candra, tapi lo. (pergi meninggalkan Kara).
Kara             : (kesal dengan semuanya) kenapa hidup gue seperti ini ? uhh,,

Adegan VI

Bel masuk berbunyi. Dan semua siswa-siswi di suruh berkumpul dan
berbaris di depan Kantor, karena Bapak Pembina mau mengumumkan tentang camping besok lusa.

Pembina       : Besok kita akan mengadakan camping, kita akan bercamping di Hutan daerah Jawa, Bagi siswa-siswi yang akan ikut akan di tempelkan di MADING setelah ini. kita berkumpul jam 09:00, semua barang-barang yang harus di bawa sudah tau kan ?
Siswa-siswi    : Sudah pak.
Pembina       : Ya sudah kalau sudah tau kalian boleh meninggalkan tempat ini. Bubar barisan, jalan.

Adegan VII

Semua siswa-siswi berhamburan melihat nama-nama orang yang ikut yaitu.


NAMA – NAMA SISWA YANG IKUT CAMPING
Ayu
Nadya
Rian
Ela
Hendri
Candra
Kesya
Kara
Joni
Kevin
Reni
Wanda
Dicky
Rana
Dian
Widya
Depri
Alvin
Fauzi
Rini
Reza
Sintia
Rafi
Nayla
Fira
Aini
Reisya
Andi
Dimas
Vera
Reihan
Renata
Julie
Nisa
Eram
Bella
Anggie
Ari
Rifky
Elvi

Setelah mereka selesai melihat nama-nama tersebut, mereka kembali ke kelas masing-masing.

Kara menghampiri Kesya.

Kara             : Sya,, gue minta maaf ya, soal yang tadi.
Kesya           : Lo gak perlu minta maaf, juga udah gue maafin, yang penting lo sekarang harus minta maaf sama Candra.
Kara             : Ya,, gue akan minta maaf sama Candra, dan gue janji gak bakalan fitnah dia lagi, dan gue gak akan menjauh-jauh kalau gue dekat-dekat dengannya.
Kesya           : Nah,,, gitu donk,,, itu baru teman gue… (berpelukan sambil tertawa)

Adegan VIII

Bel pulang berbunyi, Kesya dan Kara keluar dari kelas menghampiri Candra
dan Kevin.

Kara             : Candra… Candra…. Tunggu…
Candra         : Ada apa ra ?
Kara             : Ini… gue… Mau minta maaf Soal yang tadi di kantin. Tadi gue udah menfitnah lo yang bukan-bukan, maafin gue ya ?
Candra         : Mmmm… Gimana ya ?
Kara             : Please…. Maafin gue, apa pun akan gue lakukan untuk menembus semua kesalahan gue terhadap lo.
Candra         : Bener ni ?
Kara             : Ya.
Candra         : Udah lah… lo udah gue maafin kok !
Kara             : Thank’s ya…
Candra         : Ya.
Kevin & Kesya: Nah,,, gitu dong kita semua harus berbaikan.
Candra, Kevin, Kara, Kesya: (tertawa bersama-sama)

Ela dan Nayla melihat mereka tertawa. Nayla semakin kesal, dan Nayla akan menyusun rencana untuk membuat Kara menangis abis-abisan.

Adegan IX

Keesokannya siswa-siswi yang di pilih sudah berkumpul di lapangan sekolah.

Kara             : Candra,,, lihat Kesya gak ?
Candra         : Gak ra. (berpikir dalam hati) sepertinya ini kesempatan yang bagus untuk berbicara langsung dengan Kara. Ra,,, ada yang harus gue omongin sama lo.
Kara             : Apa ? Bicara aja terus.
Candra         : Sebenarnya… Gue.. dari dulu suka sama lo. Lo mau gak terima cinta gue dan menjadi pacar gue ?
Kara             : Lo… Gak serius kan ?
Candra         : Gue serius ra. Lo mau kan jadi cewek gue ?
Kara             : Bukannya gue gak mau, tapi… Gue takut aja lo sakiti hati gue.
Candra         : Gue janji gue gak bakalan nyakiti hati lo.
Kara             : Emmm,,, Ya udah lah,, gue terima lo.
Candra         : Bener ni ra ?
Kara             : Bener,, gue gak bohong.
Candra         : Thank’s.
Kara             : (mengangguk)

Kevin           : Eh,, sya,, lo lihat deh Kara dengan Candra,, sepertinya Candra udah ungkapin perasaannya dengan Kara.
Kesya           : Ya,, vin,, kita samperin yuk !
Kevin           : yuk !

Kesya           : (menyindir) EeeeHeeemmm…
Kevin           : Sepertinya ada orang yang lagi pacaran ni. Candra,, akhirnya lo dapat cintanya Kara juga.
Candra         : Apa-apaan sih lo.
Kesya           : Eh.. udah.. udah… bentar lagi kita mau berangkat, yuk !

Adegan X

Siswa-siswi pada berkumpul di lapangan.

Pembina       : Semuanya udah pada lengkap ?
Siswa-siswi    : Sudah pak.
Pembina       : Baiklah masukkan barang-barang kalian ke dalam bis, cepat semuanya kerjakan.

Bis pun akhirnya berangkat juga, tak lama kemudian mereka tiba di tempat
yang di tujui.Mereka segera memasang tenda dan lain-lian. Setelah selesai,
mereka istirahat, ada yang di dalam tenda dan ada juga yang di luar sambil
menikmati pemandangan.
Malam pun tiba, mereka memasang api unggun dari jam 07:30 hingga jam
11:00 malam.

Pembina       : Kita akan mengadakan permainan dengan menggunakan 2 buah korek api, korek api yang 1 untuk cewek, yang 1 lagi untuk cowok. Masing-masing memberi temannya korek api, apabila lagunya berhenti maka kedua pasangan itu maju ke depan. Paham ?
Siswa-siswi    : Paham.
Pembina       : Bagus… Mari kita mulai.

Saat lagu berlangsung mereka memberi korek api kepada masing-masing
teman, waktu lagunya berhenti kedua korek tersebut sedang berada di
tangan Kara dan Candra.

Pembina       : Ayo,,, Kara dan Candra maju.

Kara dan Candra pun maju.

Siswa-siswi    : (bersorak) Dansa,,, Dansa,,, Dansa,,,,,,,,
Pembina       : Karena mau teman kalian itu,, jadi kalian harus berdansa.

Terpaksa Kara dan Candra berdansa. Selama mereka berdansa suasana
tenang dan santai. Dan bergiliran teman-teman yang lain maju. Permainan
selesai dan mereka bubar dan istirahat di dalam tenda.

Adegan XI

Esok paginya mereka menyiapkan sarapan pagi. Tiap regu harus lengkap
peralatan untuk memasak dan lainnya.

Candra         : Ra… Perlu di bantuin ?
Kara             : Gak perlu kok. Tugasnya udah siap semua kok.
Candra         : Oh.. Ya udah… Gue ke tempat teman-teman dulu ya ?
Kara             : Ya…

Saat itu Ela sedang meminta tolong kepada Candra.

Ela               : Candra… lo bisa bantuin gue gak ?
Candra         : Bantuin apa La ?
Ela               : Tolong lo bantuin angkatkan air ini dong.. gue gak sanggup berat banget…
Candra         : Oo… Ya udah.. Sini gue bantuin.

Saat Candra selesai memindahkan air tersebut. Ela melihat Nayla jatuh
pingsan di depan
tenda.

Ela               : Tolong… Tolong… Candra.. Tolong gue.. Nayla pingsan ni… Gimana ? lo tolong angkatin Nayla ya.. Biar gue ambil air.
Candra         : (mengangkat Nayla)
Nayla           : (berkata dalam hati) akhirnya rencana gue berhasil.
Ela               : Candra.. ini air minum serta rotinya.
Candra         : Ya udah lo tolong kasih airnya biar gue ambil obatnya.

Saat itu Candra jumpa dengan Kara.

Kara             : Candra.. mau kemana ? kok tergesa-gesa banget ?
Candra         : Ini ra tadi Nayla pingsan. Jadi gue mau ambilkan obatnya dulu.
Kara             : Apa ? sekarang dia ada di mana ?
Candra         : Dia ada di tenda.
Kara             : Ooo… Ya udah nanti gue nyusul deh.

Saat Nayla siuman, Kara melihat Candra sedang memegang tangan Nayla
dengan erat.Hatinya serasa sakit melihatnya. Karena tidak bisa melihat
kejadian itu lagi, Kara pergi meninggalkan tempat itu. Dia lari sambil
menangis.

Candra         : Kara.. tunggu,, itu semua gak seperti yang lo pikirkan.
Kara             : Tapi,, lo lakuin itu di depan gue.
Candra         : Iya,, Gue minta maaf,, tadi itu, setelah Nayla siuman, dia tiba-tiba memegang tangan gue dan dia gak mau melepasnya. Tapi gue dan Nayla gak ada bermaksud apa-apa, percayalah.
Kara             : Apa gue bisa mempercayainya ?
Candra         : Gue mohon.. kok lo gak percaya lo bisa minta penjelasan dari Nayla.
Kara             : (berfikir sejenak) Ok ! gue percaya sama lo… karena gue yakin lo gak akan membuat gue sakit hati.
Candra         : Eeemm…… jadi… lo percaya kan ?
Kara             : Ya.

Dan mereka menjalin hubungan sampai mempunyai keturunan, cinta antara
mereka takkan lepas walau jasmani mereka terpisah di lain dunia.

THE END.



"Mohon maaf bila terdapat kata-kata yang tidak sependapat dengan anda dalam cerita ini. Maklumlah, karena drama ini saya karang ketika SMP kelas II . jadinya gak menarik."

Tidak ada komentar: